Zuryana Terbitkan Buku Cara Cepat Memahami Installasi Sistem Operasi Menggunakan VirtualBox

Sekolah Indonesia Menulis – Pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan semangat para pendidik di tanah air untuk terus berkarya. Salah satunya dibuktikan Zuryana, S.Pd, M.Pd.T dengan menerbitkan buku berjudul Cara Cepat Memahami Installasi Sistem Operasi Menggunakan VirtualBox.

“Alhamdulillah akhirnya buku yang saya tulis untuk kepentingan pembelajaran siswa di sekolah sudah terbit. Semoga nanti bermanfaat bagi siswa dan kalangan pelajar lainnya,” demikian ungkap Zuryana kepada Sekolah Indonesia, Selasa (9/3) melalui aplikasi berbalas pesan WhatsApp.

Dalam buku yang ditulisnya itu, guru yang juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas di SMKN 1 Painan itu mengedepankan pemahaman terkait dengan langkah-langkah Installasi Aplikasi Virtualbox.

“Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para siswa dan guru di dalam memahami cara atau prosedur installasi sistem operasi secara virtual menggunakan VirtualBox,” terangnya.

Buku dengan nomor ISBN 978-623-6852-12-5 yang diterbitkan oleh P3SDM Melati Publishing tersebut, kini menjadi tambahan khasanah referensi pembelajaran komputer di sekolah.

Cover buku yang ditulis Zuryana, guru SMKN 1 Painan, Sumbar.

Pada kesempatan terpisah, Nova Indra, pimpinan lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati yang menaungi penerbitan P3SDM Melati Publishing mengatakan, selama pandemi sebenarnya menjadi kesempatan bagi para pendidik untuk lebih banyak menelurkan karya tulis.

“Dan buku yang ditulis Zuryana ini, menjadi bukti bahwa pandemi bukan alasan untuk berhenti berkarya,” jelasnya.

Terkait dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menerbitkan sebuah buku mulai dari naskah mentah, Nova menjelaskan tidak butuh waktu panjang.

“Naskah yang kami terima dari para guru, di hari yang sama akan langsung dilayout oleh tim. Dan pada hari kerja sesudah layout selesai, pengurusan ISBN akan dilakukan,” terangnya.

Mengenai banyaknya informasi berseliweran terkait sulit dan butuh waktu lama untuk mengurus ISBN, pria yang juga novelis dan penulis buku itu menerangkan, untuk pengurusan ISBN bila naskah pengajuan lengkap hanya butuh waktu paling lama 3 sampai 5 lima hari.

“Jadi kalau ada yang menyebut mengurus ISBN itu butuh waktu berbulan-bulan, itu pembohongan publik dan dilakukan oleh oknum yang sengaja mencari keuntungan dari kebutuhan guru dalam publikasi buku,” tegasnya. (d’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *