Di Tengah Pandemi, Kepala SMA Negeri 3 Batu Terbitkan Dua Buku

Pandemi Covid-19 ternyata tidak mengendurkan semangat para guru untuk berkarya. Hal itu dibuktikan Ritul Idha Djarwati, S.Pd., M.Si., Kepala SMA negeri 3 Kota Batu Jawa Timur. Dua buku ia tulis dan terbitkan di bulan kedua tahun 2021.

“Alhamdulillah, dua buku saya bisa terbit di semester ini. Semoga menjadi pemacu semangat rekan-rekan guru lainnya di Jawa Timur,” demikian ungkapnya ketika dihubungi Warta Pendidikan, Jumat (5/2) melalui aplikasi berbalas pesan WhatsApp.

Menurut pendidik yang telah menjalani tugas kependidikannya di berbagai wilayah tanah air ini, menulis adalah bagian penting dari proses pengembangan diri guru.

“Karena itu, saya berupaya terus menulis, baik untuk publikasi di jurnal maupun di media massa nasional. Dan kali ini saya terbitkan dalam bentuk buku,” terang  sosok yang pernah mengbadikan dirinya di SMP Negeri 3 Jayapura itu.

Dua buku yang ditulisnya tersebut diterbitkan melalui P3SDM Melati Publishing yang berpusat di Kota Malang Jawa Timur. Buku yang berasal dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditulisnya berjudul Pendekatan Metode Belajar Tuntas di Masa Pandemi dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Batu Tahun Pelajaran 2020/2021.

Sementara itu satu buku lagi yang merupakan hasil dari Best Practice yang ia lakukan di SMA Negeri 3 Kota Batu berjudul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Puisi Siswa dan Guru SMA Negeri 3 Batu Tahun Pelajaran 2020/2021.

“Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pendidik, terutama sejawat saya di SMA Negeri 3 Kota Batu. Mari teruskan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan kualitas pribadi dan siswa yang diampu,” harapnya. (d’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *