Guru SD Negeri Pandanwangi 1 Terbitkan Buku Best Practice

Praktik baik bagi guru, adalah upaya mencari solusi untuk perbaikan pembelajaran. Hal itu menjadi bukti bahwa seorang guru selalu berpikir tentang ide mengajar dengan cara-cara yang terbaik.

Seperti yang dilakukan oleh Yuliana, S.Pd., guru SD Negeri Pandawangi 1 Kota Malang. Ia menulis Best Practice dan menerbitkannya menjadi sebuah buku ber-ISBN.

“Alhamdulillah buku best practice saya sudah terbit. Judulnya Implementasi ‘Lemon’ Penguatan Pendidikan Karakter pada PJJ di SDN Pandanwangi 1 Kota Malang. Semoga buku ini bermanfaat bagi saya secara pribadi, dan dapat dijadikan ide bagi rekan-rekan guru lainnya,” demikian disebutkan Yuliana saat bincang-bincang bersama Sekolah Indonesia Menulis, Minggu (14/2).

Lebih jauh ia menjelaskan, buku yang diterbitkannya melalui P3SDM Melati Publishing itu, berupa best practice yang telah ia tulis dan lakukan di tempatnya mengabdikan pengetahuan kependidikannya selama beberapa tahun belakangan.

“Iya, best practice tersebut merupakan hasil dari ujicoba yang saya lakukan di sekolah. Dan hasilnya cukup baik. Dan naskah best practice tersebut juga pernah menang lomba di tingkat kecamatan di Kota Malang,” terangnya.

Istilah ‘Lemon’ yang diambilnya sebagai trik penguatan pendidikan karakter (PPK) itu, merupakan akronim dari Lembar Monitoring. “Jadi saya singkat saja dengan akronim Lemon, biar lebih menarik,” ujarnya.

Kini, di tengah pandemi yang masih menghalangi dunia pendidikan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka, Yuliana juga telah menyiapkan naskah buku berupa hasil karya tulis siswanya.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita akan terbitkan lagi buku cerpen karya siswa. Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk mengembangkan gerakan literasi sekolah (GLS), dan memacu siswa untuk terus meningkatkan kualitas pribadinya walaupun di tengah pandemi,” tutupnya. (d’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *