Kacabdin Malang Raya Ema Sumiarti Terbitkan Buku Evaluasi Pembelajaran Online

Memberikan contoh yang baik di bidang literasi adalah hal penting yang harus dilakukan oleh para pemangku kepentingan di dunia pendidikan. Seperti yang ditunjukkan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Malang Raya, Dr. Ema Sumiarti, M.Si di awal bulan ini.

Alhamdulillah, puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang selalu memberikan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan penulisan buku berjudul ‘Evaluasi Program Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK’ ini,” demikian ungkap Ema saat bincang-bincang dengan Warta Pendidikan beberapa hari lalu.

Ema menuturkan, buku tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pribadi dan profesi terhadap dunia pendidikan, yang kian hari kian maju dengan berbagai sistem, termasuk sistem pembelajaran online.

“Kehadiran buku ini sebagai bagian dari khasanah perbukuan di bidang pengelolaan pendidikan, tentunya tidak terlepas dari pemikiran dan sumbangsih dari berbagai pihak,” ujarnya.

Bagi Ema, dengan menuliskan pemikiran dan ide terkait pengembangan penyelenggaraan pendi-dikan vokasi, diharapkan dapat memacu setiap pelaku pendidikan di tingkat menengah atas untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik.

“Apalagi saat ini dunia pendidikan kita sedang mengalami perubahan sistem pembelajaran, dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tentu sangat dibutuhkan kajian-kajian mendalam terhadap sistem tersebut,” terangnya.

Dalam bukunya yang diterbitkan P3SDM Melati Publishing itu, Ema mengupas evaluasi pembelajaran online di jenjang SMK dalam meningkatkan kompetensi siswa.

Menggunakan model CIPP, Ema melakukan kajian evaluasi terkait sejauhmana pengaruh perhatian orang tua, kemampuan awal dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online terhadap kompetensi siswa SMK.

Elain itu, dalam bukunya juga dibahas tentang pengaruh kemampuan awal dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online terhadap kompetensi siswa SMK, dan pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online terhadap kompetensi awal siswa SMK. (d’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *